Home / Berita Sekolah / Serunya Menjadi Pramuka

Serunya Menjadi Pramuka

Reportase Teguh Dewangga
Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang

MINGGU (29/1/2017) selepas subuh, SMP Negeri 1 Tumpang masih begitu lengang. 16 Orang tengah duduk sembari menggenggam segelas minuman sereal hangat plus sebungkus roti sisir sebagai pengganjal perut sebelum melakukan perjalanan panjang.

Sebagai persiapan menghadapi lomba tingkat III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Malang yang akan berlangsung Maret 2017 nanti, aktivis Lanegsatu mendapat gemblengan mental, fisik, dan keterampilan di bidang kepanduan.

Latihan rutin masih menjadi porsi mereka seusai pulang sekolah ditambah satu porsi latihan setiap hari Minggu. Tak lupa merapalkan doa, kedua regu beranggotakan delapan putra dan delapan putri tersebut memulai perjalanan sejauh delapan kilometer menuju Coban Jidor di Kecamatan Jabung.

Medan yang awalnya beraspal dan jamak dijumpai rumah penduduk, kian lama digantikan dengan rimbun pepohonan. Berganti lagi dengan jalan licin setelah gapura masuk kompleks wisata air terjun Coban Jidor.

Setapak menurun hingga jalan terjal di bawah tebing batu menjadi tantangan perjalanan selanjutnya. Sampai menginjakkan kaki di area wisata mereka disambut gemuruh air terjun. Sesuai namanya, suara air terjun tersebut benar-benar serupa tetabuhan alat musik jidor.

Setelah rehat secukupnya, mereka harus mengerjakan beberapa tugas yang telah disusun pembina dan pelatih. Mengerjakan tantangan soal, menaksir beberapa objek, hingga memasak makan siang di tepian sungai.

Nasi, telur, dan sayur pecel menjadi santap siang di siang yang mendung. Tak lupa segelas susu cokelat hangat yang dinikmati bersama riuh suasana pengunjung yang mulai berdatangan.

Agenda wajib selanjutnya adalah bermain air. Setelah perjalanan yang menguras tenaga, beberapa tantangan yang menguras otak, bermain air seolah menjadi balasan setimpal dari kerja keras. Suasana riang begitu terasa, bahkan derai tawa membuat pembina dan pelatih ikut mengembangkan senyum.

Sampai mereka turun ke sungai bersama-sama, berbaur dengan aktivis Lanegsatu. Seorang pelatih bahkan memimpin mereka mengikuti derasnya arus sungai dengan menaiki ban karet.

Harusnya latihan pramuka memang seperti ini, dibawakan dengan gembira dan mengasyikan.

About admin

Check Also

SMPN 1 Tumpang sebagai Daerah Resapan Air Hujan

Sampah kertas sebaiknya digolongkan ke dalam jenis sampah khusus. Buktinya, kertas bisa menjadi sangat awet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *