Home / Berita Sekolah / Kunjungan Tim Kemensos RI

Kunjungan Tim Kemensos RI

Kabupaten Malang melaju pada penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional. Tim Verifikasi Nasional selama dua hari (3-4/10) kemarin, telah melakukan penilaian lapangan. Tim utusan dari Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut dipimpin Budiman Sitepuh melakukan penilaian di wilayah terluas nomor dua di Jatim ini. Sejumlah titik penilaian dijadwalkan mendapat verifikasi lapangan. Seperti di SMPN 1 Tumpang dan Pasar Tumpang. Kemudian penilaian di Desa Cepokomulyo dan Desa Tegalsari Kepanjen. Kemudian lanjut di dua desa di Kecamatan Poncokusumo, Desa Gubugklakah dan Desa Pajaran. Penilaian maraton juag dilakukan di dua desa Kecamatan Pagelaran, yakni Desa Banjarejo dan Desa Pagelaran. Terakhir di Desa Pamotan Kecamatan Dampit.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, dr H Abdurrachman MKes mengatakan, banyak kriteria dari penilan tersebut. Di antaranya, tentang sanitasi, rumah, pendidikan, pelayanan kesehatan, posyandu dan lingkungan hidup. Serta keterlibatan masyarakat dalam melestarikan lingkungan dan meningkatkan kualitas kesehatan. “Dalam pembangunan di bidang kesehatan tidak lagi berbicara bagaimana mengobati orang sakit. Namun berorientasi kepada paradigma sehat”,ujar dr H Abdurrachman MKes kepada Malang Post kemarin.

Dia melanjutkan, contoh implementasi dari hal itu yakni program Home Care yang merupakan inovasi dari Dinkes Kabupaten Malang. Menurutnya, dalam pelaksanaan program ini setelah ada orang sakit maka akan dilakukan pendampingan dari petugas kesehatan.Baik itu yang turun pendampingan adalah bidan, perawat dan petugas dari Puskesmas. Pasien maupun orang yang sakit tersebut akan dipantau kondisi kesehatan dan lingkungannya, saat di rumah Bagus dan tidaknya kualitas kesehatan serta lingkungannya, akan diketahui saat kunjungan home care itu,” kata Gus Dur sapaan akrabnya.

Dia menjelaskan kalau rumah dan lingkungannya tidak sehat, maka rumah dan lingkungannya dulu yang disehatkan. Jika tidak demikian, orang yang sakit akan sakit lagi dan memerlukan biaya pengobatan.Keberhasilan program home care ini menjadi andalan kami dalam penilaian ini. Sehingga kami optimis dapat lolos verivikasi penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional ini, pungkasnya.

Sumber : www.malang-post.com

About admin

Check Also

smpn 1 tumpang

Penilaian Adiwiyata Tingkat Nasional

Sebagai salah satu program kompetisi sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat nasional ini, salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *