Pamit Kenal Kepala SMPN 1 Tumpang

Bertempat di Aula SMPN 1 Tumpang Kabupaten Malang, tepatnya pada tanggal 15 April 2015 kami mengadakan pergantian kepemimpinan yang dikemas dalam acara pisah pamit Kepala SMPN 1 Tumpang Drs. Abdul Rozaq, M.MPd sebagai kepala sekolah lama yang bertugas ke SMPN 1 Tajinan kepada Drs. Mahmud Asyari sebagai kepala sekolah baru. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Unit Pelayanan Teknis SD, SMP, SMA Kecamatan Tumpang. Hadir juga Bapak Camat Tumpang, perwakilan Komite Sekolah, Danramil serta semua Bapak Ibu Guru/ Karyawan SMPN 1 Tumpang.

Sebelum acara dimulai, Bapak Drs. Abdul Rozaq, M.Pd menyempatkan berpamitan kepada seluruh siswa SMPN 1 Tumpang. Kegiatan yang berlangsung di lapangan upacara sekolah berlangsung dengan haru, isak tangis dari beberapa siswa mulai terlihat manakala pak Rozaq menyampaikan beberapa pesan dan kesan selama mengabdi menjadi Kepala SMPN 1 Tumpang. Harapannya, semoga peserta didik khususnya kelas kelas 9 yang menghadapi UN 2014/ 2015 lulus seratus persen. Amin.

Setelah acara pisah pamit dengan siswa, kegiatan ini dilanjutkan menuju Aula sekolah. Dalam sambutannya, Bapak Drs. Abdul Rozaq, MPd menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar SMPN 1 Tumpang. Bahwa keberhasilan semua prestasi di semua bidang bukanlah semata2 hasil kerja beliau, melainkan merupakan hasil kerja keras semua unsur sekolah. Kemudian dalam sambutannya Bapak Drs. Abdul Rozaq, M.Pd berpesan kepada Bapak Drs. Mahmud Asyari, M.Pd untuk mempertahankan prestasi2 yang telah diperoleh SMPN 1 Tumpang selama ini serta meneruskan program2 yang belum tercapai selama kepemimpinan beliau, seperti Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan tahun ini.

Dalam sambutannya, Bapak Drs. Mahmud Asyari, M.Pd selaku kepala sekolah baru SMPN 1 Tumpang menyampaikan akan tetap melanjutkan apa yang menjadi program Kepala Sekolah lama, selain itu ada program-program yang sudah direncanakannya dengan tetap mengharapkan kerja sama dari semua pihak. Tugas baru akan siap beliau laksanakan, seberat apapun masalah dan pekerjaan yang kita hadapi jika dilakukan dengan kebersamaan dan ikhlas pasti akan terasa ringan.

Rangkaian acara pisah pamit kepala sekolahpun berakhir pukul 11.00 WIB, kami keluarga besar SMPN 1 Tumpang ijinkan menyampaikan ucapan terima kasih sebesar2nya kepada Bapak Drs. Abdul Rozaq, M.MPd atas jasa, perhatian, rasa sayang, kepedulian selama Bapak bertugas di SMPN 1 Tumpang.

Selamat Bertugas di SMPN 1 Tajinan Bapak Drs. Abdul Rozaq, M.Pd dan Selamat Datang di SMPN 1 Tumpang Bapak Drs. Mahmud Asyari, M.Pd .

admin_@misbach_

Penilaian Adiwiyata Tingkat Jawa Timur 2014

 

Sebagai salah satu program kompetisi sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat nasional ini, salah satu tujuan Adiwiyata tak lain untuk mengurangi dampak negatif efek kerusakan lingkungan di masa mendatang. Keinginan SMPN 1 Tumpang menuju sekolah Adiwiyata tak lepas dari komitmen sekolah untuk mengimplementasi kepedulian dan budaya lingkungan di sekolahnya.

Tepatnya hari Jum’at pada tanggal 7 Maret 2014 sekolah kami, SMPN 1 Tumpang kedatangan tim penilai Adiwiyata tingkat propinsi. Penilaian ini dilakukan karena sebelumnya sekolah kami lolos dalam penilaian tingkat Kabupaten Malang dan telah memasuki putaran kedua menuju penilaian tingkat propinsi. Dalam penilaian ini melibatkan beberapa tim penilai seperti Tim Adiwiyata, BLH Propinsi Jawa Timur dan LSM Alam Hijau.

Untuk tingkat pusat kami masih menunggu waktu karena penilaian dari Badan Pengawas Lingkungan Daerah baru dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Kami berharap SMPN 1 Tumpang masuk kategori penilaian dan maju ketingkat selanjutnya, yakni penilaian Adiwiyata tingkat Nasional. Tentu ini adalah tantangan sekaligus pekerjaan yang tentu membutuhkan kerja keras dari semua unsur2 yang terlibat didalam mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan.

Penilaianpun dimulai dari beberapa aspek fisik sekolah, seperti :

  1. Penghijauan, meliputi sebaran tutupan phon/ tanaman yang ada disekolah kami serta kesejukan bagi warga sekolah.
  2. Kebersihan didalam maupun diluar ruangan fisik sekolah,
  3. Kebersihan toilet, kantin sekolah, drainase dan saluran air (sanitai) air limbah di sekolah.

serta efisiensi operasional di sekolah seperti efisiensi pemakaian listrik dan pemakaian air.

Dari beberapa aspek yang ada saat ini semua warga sekolah mulai dari guru, karyawan serta anak didik terlibat langsung dalam kegiatan ini. Terima kasih kepada Bpk. Rozaq, M.Pd selaku kepala sekolah, dan penghargaan setinggi2nya kepada Bu Umi Chapsah selaku penggerak kegiatan ini, Bu Nani beserta tim kreator lingkungan sekolah, Bu Drajad beserta tim staff sekolah, Bpk. Rubi beserta tim kader Adiwiyata, Bpk Sumarno beserta kawan2 tim lingkungan bersih serta semua Bpk/ Ibu guru yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu yang sudah rela mengorbankan waktunya untuk mewujudkan sekolah yang berbasis lingkungan hidup menuju Adiwiyata tingkat Jawa Timur.

Harapan kami semua semoga Adiwiyata tingkat propinsi dapat kami raih sebagai bekal untuk menuju tingkat selanjutnya, SMPN 1 Tumpang menuju Adiwiyata Nasional. Goodluck man temans

Perpustakaan SMPN 1 Tumpang

Perpustakaan Sekolah merupakan semua perpustakaan yang ada atau diselenggarakan di sekolah baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas sampai sekolah lanjutan seperti perguruan tinggi. Perpustakaan sekolah berguna untuk menunjang proses belajar baik itu siswa yang berada di sekolah dasar atau sekolah lanjutan.

SMPN 1 Tumpang memiliki perpustakaan sebagai sarana belajar siswa dan guru untuk menambah pengetahuan khususnya dalam hal membaca. Sebagaian besar buku perpustakaan SMPN 1 Tumpang terdiri dari koleksi buku-buku pelajaran atau bacaan yang dapat menunjang proses pembelajaran tenaga kependidikan kepada peserta didik dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca. Pemakai fasilitas perpustakaan di sekolah kami adalah orang yang berada di lingkungan sekolah tersebut baik itu siswa atau tenaga pendidik (guru).

Tepatnya pada tanggal 19 Maret 2015, tim penilai Badan Perpustakaan Kabupaten Malang mengunjungi SMPN 1 Tumpang dalam rangka seleksi lomba perpustakaan tingkat Kabupaten. Dalam hal ini, Drs. Abdul Rozaq, M.Pd mengutarakan bahwa komitmen kami untuk lolos ke tingkat Kabupaten adalah menunjang sarana dan prasarana serta pelaksanaan program pendidikan seperti menanamkan atau membina minat anak untuk menarik minat dalam membaca di Perpustakaan SMPN 1 Tumpang. Mengingat perpustakaan sekolah merupakan hal yang sangat penting bagi dunia pendidikan.

Dukungan semua pihak untuk mewujudkan program baca di lingkungan sekolah adalah harapan kami, semoga penilaian seleksi perpustakaan tingkat Kabupaten Malang dapat kami raih sebagai bekal untuk melaju ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

1 2 3